Senin, 04 Agustus 2008

wong jowo

setiap malam bpk duduk sendiri di sofa ruang tamu,guratan wajah nya nampak bagai orang yg sedang melamun..tp aku tahu dia telah berada jauh di dimensi yang halus..dimensi dimana hanya orang2 rinesik(suci)yang mampu menjangkau nya..dimensi dimana kawula bisa gambuh dgn gusti nya
bapak memang seorang spiritualis yang selalu mencari jati dirinya,dia selalu
mencari
sangkan paraning dumadhi,sebuah penghayatan akan asal manusia,arah manusia,tujuan manusia di ciptakan.
mungkin kita bisa pilah kan seperti di bawah ini:


1.SANGKAN,(asal kita sebelum di ciptakan sebagai manusia..)

dalam al kitab,nabi adam di goda oleh setan hingga makan buah Quldi sebelum beliau di usir gusti allah dari jannah nya unt
uk turun ke bumi...
tp dalam pemahaman kejawen,bisa di artikan sebagai sanepan(perumpamaan)dari proses manusia lahir dari rahim seorang ibu..
dimana diawali oleh rasa keingintahuan seorang lelaki akan "cinta"dari seorang perempuan,selanjutnya dia berusaha untuk mendapatkan cinta nya walau apa pun resikonya,jika lelaki telah mendapatkan cinta dari perempuan
dia akan melaksanakan tugas sbg seorang suami..saat itu lah dia harus berhubungan badan dgn perempuannya,dari sini awal terbentuknya manusia mulai di awali..

rasa cinta antara laki& perempuan menyatu dalam padang asmara..hingga membuahkan sang adam yg masih halus dalam surga rahim si ibu...
selama 9 bulan 10 hr adam halus terjaga dalam hangatnya "surga"rahim ibu,hingga akhirnya dia terlahir untuk mengawali tugas nya sebagai hamba allah yang bernama manusia..

2.DUMADHI/tercipta(tujuan kita di ciptakan sebagai manusia)
pernah kah kita merasa bahwa kita adalah bagaian dari perputaran takdir dunia??sering kali kita terlupa bahwa "jagad"kita jg bisa mempengaruhi jagad raya,perlu di ingat bahwa dalam diri manusia
terdapat 4(empat) elemen alam yg mampu membuat kita URIP(hidup)elemen tsb adalah:
api,air,tanah,udara..demikian juga alam kita jg terbentuk dari 4(empat)elemen tsb..dan setiap elemen mempunyai sifat yang mewakili unsur dasar nya..

API dalam diri manusia merupakan simbol dari nafsu amarah
bersifat keras..mudah melakukan tindakan tnp pikir resiko yang terjadi..
tp amarah juga lah yg telah menggerak kan diri kita ketika kita jatuh cinta..amarah juga lah yang bekerja ketika kita
ingin mendapatkan harta.

AIR dalam diri kita merupakan unsur dari nafsu aluamah yang selalu ingin
merasakan enak nya soto,sate,juice jambu,sea food,dll

ANGIN mempengaruhi nafsu supiyah,nafsu yang senang sekali pada hal2 yang berhubungan dg keindahan,kecantikan,ketampanan,serta apapun yang menjadi ornamen keduniaan.

BUMI/TANAH adalah unsur nafsu muthmainah,mempunyai sifat yang menggerak kan kita kearah kebaikan,agama,pa
ham ideologi...idelisme..patriotik..
dari kesemua unsur td bisa kita ambil sebuah pemahaman bahwa apa yg terjadi dlm jagad kecil dalam badan wadhag kita akan mempengaruhi jagad besar di luar kita,yang perlu kita cermati adalah" nafsu tdk bisa di hilang kan..nafsu harus kita kendalikan"
sebab nafsu akan terus merasa kurang jika kita terus memanjakannya..dan akhirnya akan membawa kita pada kehancuran/kerusakan bagi diri kita dan orang2 di sekitar kita..apakah itu tujuan kita di ciptakan????

3.PARAN(tujuan kita setelah tercipta sbg manusia)

kemana manusia menuju ketika dia sudah palastro(meninggal)???
banyak yang mengatakan bahwa kalo sudah mati habis segala urusan..
jika benar,enak sekali.....justru itu adalah awal dari segala nya...
awal dari pertanggung jawaban kita kepada gusti yang telah menciptakan kita...akan kah kita tahu jalan menuju kepadanya...??
akankah kita tahu bahwa tuhan adalah tujuan kita?? dimana kah Dia??
sebuah pencarian akan berawal bagi adam...di dunia fana nya...






Tidak ada komentar: